Potensi pajak daerah di kabupaten Pangandaran sangatlah besar sehingga diperlukan sistem pajak online untuk memberikan pelayanan prima di sektor perpajakan. Salah satu inovasi pelayanan di bidang perpajakan untuk menunjang implementasi pajak online adalah kegiatan pemasangan alat transaksi online,salah satunya berupa pemasangan alat Tappingbox di Mixue Parigi yang telah dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pangandaran bekerjasama dengan Bank BJB cabang Pangandaran dan PT Subaga.

Tujuan Tapping Box

Tujuan pemasangan tapping box adalah salah satu cara pemerintah demi menghindari kebocoran pajak daerah akibat kecurangan yang dilakukan oleh oknum.

Sebab, cara kerja tapping box dalam memantau pajak adalah dengan mengirimkan langsung data transaksi penjualan beserta jumlah pajaknya ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Data dari tapping box adalah pembanding yang akan digunakan pemerintah pada laporan wajib pajak setiap bulannya.

Tapping box tentu tidak ditujukan untuk mempersulit atau merugikan pelaku usaha karena pajak yang mereka setorkan ditanggung oleh konsumen.

Dengan demikian, peran pelaku usaha hanyalah sebagai penyalur pajak yang telah diterima dari konsumen ke kas negara dan tapping box bisa mempermudah tugas tersebut.

Harapannya, penggunaan tapping box adalah salah satu cara meningkatkan transparansi dalam penerimaan pajak daerah.

https://www.high-endrolex.com/42

Keuntungan Tapping Box

Setelah mengetahui apa itu tapping box, Anda mungkin penasaran siapa saja yang bisa mendapatkan manfaat dari alat pemantau pajak ini.

Adapun beberapa pihak yang bisa mendapat keuntungan dari tapping box adalah sebagai berikut:

1. Bagi Pemerintah

Keuntungan pertama adalah pemerintah bisa lebih mudah dalam melakukan pengawasan mengenai penerimaan pajak sehingga pemasukan daerah dapat optimal.

2. Bagi Pemilik Usaha

Selanjutnya, tapping box juga menguntungkan pihak pelaku bisnis karena kredibilitas laporan pajak mereka akan lebih terjamin dengan adanya bukti jumlah transaksi dari alat tersebut.

3. Bagi Konsumen

Terakhir, konsumen juga bisa mendapatkan manfaat berupa percaya atas penggunaan pajak yang mereka kumpulkan pajak bisa terhindar dari penyelewengan.

Masyarakat umum pun juga akan mendapatkan dampak positif dari meningkatnya pendapatan pajak yang tentunya akan memajukan daerah mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *